Senin, 26 November 2012

Kiat Mempengaruhi Orang Lain

"Sebagai seorang pemimpin, kita dituntut kepekaan kita. Jika kebanyakan orang lebih cenderung senang berbicara mengenai dirinya sendiri, maka kita harus mempergunakan telinga sebaik mungkin.Sikap seperti itu tentu akan menjadi simpati dan perhatian bagi mereka"(Stephanie Barrats dan Godefroy)

Kutipan diatas saya ambil dari sebuah buku yang saya baca. Yang tentunya saya pikir itu sesuatu yang bagus untuk kita bagi kedunia blogging ini. Kiat-kiat yang akan saya sampaikan disinipun merupakan kiat-kiat yang disampaikan oleh Stephanie Barrats dan Godefroy. Bagaimanapun kita manusia, pasti ada keinginan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang kita inginkan, karena pada hakekatnya keinginan untuk mempengaruhi orang lain itu timbul karena adanya jiwa ingin memimpin dalam diri kita.Seorang pemimpin yang baik dituntut untuk bisa mempengaruhi orang lain dengan cara yang simpatik. Kekuatan pribadi seseorang bahkan kadang-kadang bisa diukur dari kemampuannya mempengaruhi orang lain.
Nah disini akan saya sampaikan kiat-kiat atau teknik sederhana untuk dapat mempengaruhi orang lain. Tujuannya bukan untuk keburukan melainkan untuk menempatkan orang lain dalam pola pikir yang luwes.
1. Jangan ragu memuji orang karena penampilannya..
Memuji biasanya merupakan sesuatu yang sulit bagi orang yang dalam pandangannya hanya dirinyalah yang terbaik.Sifat itu tentunya sangat buruk. Karena kita hanya akan melihat kekurangan orang lain tanpa  melirik sedikitpun kelebihannya. Mulai sekarang ubahlah pola pikir anda. Mungkin anda memang baik, tapi anda belum sepantasnya berpikir bahwa andalah yang terbaik. Dengan mengatakan "anda tampak hebat hari ini" akan memberi pengaruh yang besar pada diri orang lain. Tentunya hal itu juga harus disampaikan dengan penuh keikhlasan dan kenyataan. Jangan mengucap suatu kebohongan akan enampilannya karena itu justru akan membuat orang lain tersinggung.
2.Mendengarkan
Mendengarkan merupakan senjata yang sangat ampuh untuk mendapat simpati orang. Bagaimana tidak? dengan mendengarkan orang akan merasa dihargai oleh kita. Mulai sekarang janganlah terlalu mendominasi percakapan, buatlah percakapan yang seimbang antara di dengar dan mendengar. Jika kita ingin mempengaruhi orang supaya melakukan sesuatu untuk kita, maka hendaknya kita mendengarkan apa yang harus mereka katakan.
3.Mengetahui cara menerima kritik
Ketika kita menerima kritikan hendaknya kita:
-memandang kritik sebagai bukti dari kemajuan kita. Kesadaran ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita.
-hendaknya kita tidak melawan kritik.
4.Melupakan dendam pribadi
Bagaimanapun sebuah dendam tak akan pernah ada manfaatnya untuk kita. Selain hanya menambah musuh dendampun hanya membuat hidup kita tak tenang. Dengan melupakan dendam pribadi kita akan menyingkirkan musuh dan tentu saja akan membuat kita semakin mudah untuk membuat seeorang melakukan apa yang kita kehendaki.
5. Menghindari keakraban yang tidak pada tempatnya.
Keakraban terkadang bisa menjadi sumber pelecehan; begitu kata pepatah. meskipun hal tersebut mungkin agak ekstrem, hendaknya kita menyadari bahwa kita akan dapat memasukan pengaruh yang lebih besar kepada orang lain jika kita dapat menjaga jarak tertentu.
6. Mampu mengatur waktu.
ada beberapa prinsip dari cara mengatur waktu yang efektif:
-membuat daftar segala hal yang harus anda kerjakan
-lawanlah tiap kecenderungan ingin menunda-nunda
-menyusun daftar prioritas
-jangan membiarkan diri anda terganggu ketika sedang melaksanakan tugas oenting
-hindarilah kesan terlalu banyak bekerja.
 Dengan melakukan kiat-kiat diatas kini bersiaplahuntuk mendapat pengaruh yang lebih besar di mata orang lain, denagn memiliki pengaruh yang besar tentu sja akan semakin memudahkan anda untuk meminta orang lain untuk melakukan apa yang kita kehendaki. Semakin besar pengaruh kita kepada orang lain, semakin kuat pula kepribadian kita. Semoga ini bermanfaat untuk blogger-blogger yang ceria..:D 

0 komentar: